Istilah algoritma, mungkin bukan sesuatu yang asing bagi kita. Ditinjau dari asal-usul katanya, kata ‘Algoritma’ mempunyai sejarah yang agak aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka Arab. Seseorang dikatakan ‘Algorist’ jika menghitung menggunakan angka Arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan. Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku Arab terkenal, yaitu Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism.

Definisi Algoritma

Definisi Algoritma adalah langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Contoh sederhana adalah penyusunan sebuah resep makanan, yang biasanya terdapat langkah-langkah cara memasak masakan tersebut. Tapi, algoritma umumnya digunakan untuk membuat diagram alur (flowchart) dalam ilmu komputer / informatika.

Abu Abdullah Muhammad bin Musa al-Khwarizmi Si Penemu Algoritma – Kita tentunya tau apa itu Algoritma. Algoritma adalah sebuah ilmu yang ada pada Matematika. Kalau tidak salah di kelas 2 (Dua) SMP kita sudah mempelajari materi Algoritma tersebut. Algoritma ini sendiri sangat bermanfaat di kehidupan kita. Dan apakah kamu tau siapa penemu Algoritma itu sendiri? Dia adalah Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi, dunia mengenalnya sebagai al khawarizmi, seorang ilmuwan Matematika yang juga seorang Muslim.

Penemu Algoritma ~ al-Khwarizmi

Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi bukan hanya seorang penemu Matematika, dia juga berperan penting dalam penemuan angka Nol, dan juga ada Aljabar, namun sebetulnya Abu Abdullah Muhammad bin Musa al-Khwarizmi adalah seorang penemu dengan banyak penemuan-penemuan penting, maksudnya dia berhasil menemukan ilmu ilmu yang sekarang kita pakai ini, jadi Abu Abdullah Muhammad bin Musa al-Khwarizmi tidak hanya menemuka Aljabar, Angka Nol, dan juga Algoritma, melainkan masih banyak sekali penemuan penemuan Abu Abdullah Muhammad bin Musa al-Khwarizmi.

Asal usul kata Algoritma mempunyai sejarah yang jika kita cermati, memiliki sejarah yang agak aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka Arab. Seseorang dikatakan ‘Algorist’ jika menghitung menggunakan angka Arab. Para ahli bahasa yang ada di dunia berusaha untuk menemukan atau memecahkan kasus asal usul kata Algoritma ini, tapi sayangnya hasilnya tidak memuaskan. Yang pada akhirnya para ahli sejarah Matematika berhasil menemukan asal usul kata Algoritma tersebut, yaitu kata Algoritma berasal dari penulis buku Arab yang sangat terkenal, yang tak lain dan yang tak bukan adalah Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi, orang barat membacanya menjadi Algorism.

Algoritma sendiri memiliki pengertian yaitu langkah-langkah yang logis mengenai penyelesaian masalah yang di susun secara sistematis dan juga di susun secara logis. Disni saya beri contoh yang sangat sederhana. Ibu kamu menyuruh kamu membeli bahan-bahan makanan di pasar, namun saking banyaknya, maka Ibu kamu memberikan kertas bertuliskan apa saja yang harus kamu beli di pasar nanti. Seperti itulah contoh dari algoritma sederhana. Di zaman sekarang ini, algoritma memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang seperti bidang teknologi. Oleh karena itu dunia memberi penghormatan yang sangat tinggi kepada al-Khawarizmi yang dikenal sebagai penemu dari algoritma.

Sumber :
http://www.penemu.co/2015/06/penemu-algoritma-al-khawarizmi.html
http://rumahislam.com/ensi/3-ilmuwan-muslim/72-al-khawarizm.html

Advertisements