Ini Dia Tiga Orang Jenius Penemu YouTube – Kita semua tentunya sudah tau apa itu YouTube. YouTube adalah sebuah situs streaming video yang sangat terkenal dan mungkin adalah yang terbesar di seluruh dunia. YouTube ini sebetulnya bisa juga dikatakan sebagai media sosial karena kalau kita memiliki akun Gmail (Google Mail) maka kita bisa mendaftarkan diri kita pada Youtube ini dan juga kita bisa mempublikasikan video buatan kita dan di tonton seluruh dunia.
YouTube ini sendiri didirikan atau dibuat pada tanggal 14 Februaru 2005, di San Mateo, California, Amerika Serikat. Lalu siapa sih penemu atau pendiri dari situs youtube tersebut? Mereka ada 3 orang, yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Konon katanya, Youtube didirikan berdasarkan permasalahan yang terjadi diantara keseharian dari Hurley dan Chen.

Pendiri Youtube ~ Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim
Sejarah Berdirinya Youtube
Mereka merasa kesulitan untuk berbagi video pesta makan malamnya di apartemen Chen di San Francisco. Sementara Jawed Karim yang juga salah satu pendiri YouTube, tak pernah mengatakan dan tak pernah datang ke pesta tersebut dan juga tak mengatakan kalau hal tersebut terjadi. Namun Chen berkata kalau ide terbuatnya YouTube ini setelah pesta makan.

Youtube ini awalnya adalah sebuah perusahaan teknologi yang di beri modal investasi oleh Sequoia Capital dengan nilai investasi sekitar 11,5 dollar ($11,5) antara bulan November 2005 dan April 2006. Sedangkan kantor YouTube sendiri letaknya berada di atas pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Domain http://www.youtube.com sendiri aktif pada tanggal 14 Februari 2005 dan juga situs ini sudah mulai aktif di bulan bulan berikutnya.

Pendiri Youtube ~ Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim
Lalu mengapa saat kita ingin mengunggah atau mempublikasikan sebuah video di akun YouTube kita, kita harus mempunyai akun Gmail? Gmail ada singkatan dari Google Mail, yang tentu saja adalah salah satu produk yang dimiliki oleh Google. Lalu untuk masalah tersebut, pada tahun 2006 tepatnya bulan Oktober, perusahaan Google atau Google Inc milik Larry Page dan Sergey Brin membeli YouTube dengan harga $1,65 miliar dalam bentuk saham. Inilah mengapa saat kita ingin mempunyai channel YouTube kita perlu memiliki sebuah akun Google Mail terlebih dulu.

Hingga saat ini situs youtube menjadi salah satu situs streaming video paling favorit di dunia, jutaan video setiap harinya diunggah ke situs tersebut, selain itu situs youtube juga merupakan salah satu sumber pendapatan Google yaitu dari iklan yang tampil di youtube dan saat ini ketiga pendiri atau penemu youtube yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim menjadi jutawan berkat situs yang mereka buat

YouTube dengan cepat tumbuh menjadi salah satu Web situs terpopuler di dunia, dan menempati peringkat situs web yang paling populer di urutan 10 di dunia hanya setahun setelah peluncuran. dilaporkan 100 juta klip dilihat setiap hari di YouTube, dengan tambahan 65.000 video baru diupload setiap 24 jam. Dia mulanya berkerja di paypal, dan menjadi seorang karyawan awal di PayPal , di mana di Advertisement paypal kemudian ia bertemu Chad Hurley dan Jawed Karim yang akan bersama-sama mendirikan youtube.

Pada tahun 2005, mereka didirikan YouTube. Dia sebelumnya menjabat sebagai Chief Technology Officer di YouTube, dan saat ini dipekerjakan oleh Google. Chen juga seorang karyawan awal di Facebook , meskipun ia meninggalkan jabatannya setelah beberapa bulan untuk memulai YouTube. Pada bulan Juni 2006, Chen disebut oleh Bisnis 2.0 sebagai salah satu dari ” 50 orang yang berpengaruh saat ini” dalam bisnis selain dua orang temannya yang juga merupakan salah satu dari pendiri youtube chad hurley dan jawed karim.

Pada tanggal 16 Oktober 2006, Chen dan Hurley menjual YouTube untuk Google, Inc senilai $ 1,65 miliar. Chen menerima 625.366 lembar saham Google dan 68.721 tambahan dan di percayai sebagai bagian dari penjualan. Saham Google yang ia terima adalah senilai $ 350.000.000 di Google 30 Oktober 2007 penutupan harga saham. Chen telah terdaftar sebagai salah satu dari 15 ilmuwan Asia To Watch oleh Majalah Scientist Asia pada tanggal 15 Mei 2011. Dia dan Chad Hurley sekarang mulai Sistem avos yang telah mengakuisisi delicious dari Yahoo! Inc.

.

Advertisements