OPERA (WEB BROWSE)

Bidang Teknik Invensi :

Invensi ini berkaitan dengan alat yang digunakan software untuk mengakses internet dengan kecepatan akses yang cepat dan penghematan baterai yaitu Opera. Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform.

Latar Belakang Invensi :

Sebuah perusahaan telekomunikasi di Norwegia membuat software browser (sebagai pesaing Internet Explorer dan Netscape pada waktu itu) yang diberi nama MultiTorg. Sayangnya pada saat itu, publikasinya tidak sehebat para pesaingnya. Padahal dari sisi fitur, MultiTorg menggunakan teknologi MDI (Multiple Document Interface) yang memungkinkan browser tersebut menampilkan hingga 4 situs web sekaligus, seperti tampak pada gambar. Fitur ini belum dimiliki browser-browser sejenis belum memiliki kemampuan seperti itu. Tidak hanya itu, MultiTorg memiliki kemampuan standar W3C yang baru saja dirilis. Padahal Internet Explorer (yang dibuat oleh perusahaan besar Microsoft) saja belum mengadapsi W3C secara penuh pada saat itu.

Akhirnya karena dorongan publik penggunanya, MultiTorg diperluas publikasinya. Kali ini menggunakan nama baru yakni Opera 2.0. Distribusi browser baru ini menggunakan metode shareware dimana setelah 30 hari penggunaan, penggunanya harus melakukan pembayaran sebesar US$39.95. Berbeda dengan software sejenis pada saat itu, Opera memiliki versi untuk beberapa sistem operasi yakni Windows, Apple Macintosh, BeOS dan Unix. Beberapa waktu kemudian, Opera 3.0 diluncurkan. Opera 3.0 merupakan browser pertama (sebelum Netscape dan IE) yang mendukung Javascript. Dan kemudian pada versi 3.5, Opera menambah dukungannya terhadap CSS (Cascading Style Sheets) . Dukungan terhadap CSS ini sangatlah kuat karena salah satu pembuat CSS adalah CTO Opera saat itu, yakni Håkon Wium Lie.

 

Ringkasan Invensi :

Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.

Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh peramban web lainnya. Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar peramban komputer pribadi di seluruh dunia. Namun, Opera memiliki pangsa pasar yang lebih besar pada perangkat mobile seperti ponsel, ponsel pintar, dan personal digital assistant. Berbagai edisi Opera dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan Maemo, BlackBerry, Symbian, Windows Mobile, Android, dan sistem operasi iPhone, serta Java ME. Sekitar 120 juta ponsel telah dipasarkan dengan browser Opera di dalamnya. Opera adalah satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS dan Wii. Beberapa televisi memiliki browser Opera dalam set-top box atau kotak pengaturannya. Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite.

Uraian Singkat Gambar :

1

Opera Versi 8.0

Opera versi 8.0 diluncurkan tanggal 19 April 2005. Adapun fitur-fitur baru yang diperkenalkan adalah: SVG Tiny, multimodal dan User JavaScript. Selain itu, tampilannya sendiri menjadi lebih sederhana.

2

Opera Versi 9.0

Keseriusan Opera sebagai pembuat browser yang inofatif makin ditunjukkan pada versi-versi selanjutnya. Mulai versi 9.0 (tahun 2006) Opera memperkenalkan Widget dan aplikasi Bit-Torrent yang terintegrasi dengan Opera sendiri. Fitur-fitur ini belum ada di browser-browser lain

3

Opera Versi 10.0

Akhirnya, pada tanggal 1 September 2009, Opera 10 diluncurkan. Hanya dalam waktu 1 pek-an, sudah didownload hingga 10 juta kali!

4

Versi Terbaru Opera yang dirilis 13 Mei 2016

5 6

 

 

 

 

 

Jon Stephenson von Tetzchner mendirikan Opera Software di Oslo Norwegia pada 1995, bersama Geir Ivarsøy, yang kini telah meninggal dunia sejak empat tahun lalu.

 

Uraian Invensi Lengkap :

            Sejarah

Opera mulai dibuat pada tahun 1994 sebagai sebuah proyek penelitian Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Pada tahun 1995, Telanor bercabang menjadi perusahaan yang terpisah bernama Opera Software ASA. Opera pertama kali diluncurkan dengan versi 2.0 pada tahun 1996, yang hanya beroperasi pada Microsoft Windows. Dalam upaya untuk memanfaatkan munculnya pasar untuk perangkat genggam yang terhubung dengan internet, sebuah proyek untuk mengintegrasikan Opera ke platform perangkat mobile dimulai pada tahun 1998. Opera 4.0, yang dirilis pada tahun 2000, menampilkan core cross-platform baru yang memfasilitasi pembuatan versi Opera untuk beberapa sistem operasi dan platform.

Sampai saat itu, Opera adalah perangkat lunak uji coba dan harus dibeli setelah masa percobaan berakhir. Versi 5.0 (dirilis pada tahun 2000) merupakan versi trialware yang terakhir. Setelah itu, Opera disponsori oleh iklan, menampilkan iklan kepada pengguna yang membayarnya. Versi Opera selanjutnya memberikan pada pengguna pilihan untuk melihat iklan banner atau iklan teks yang ditargetkan dari Google. Pada versi 8.5 (dirilis tahun 2005) iklan telah dihapus seluruhnya dan dukungan finansial utama untuk Opera datang melalui Google (dengan adanya kontrak untuk Google sebagai mesin pencari untuk Opera).

Dalam versi 9.1 (dirilis tahun 2006), fitur-fitur baru yang diperkenalkan adalah pelindung penipuan (fraud protection) yang menggunakan teknologi dari GeoTrust, penyedia sertifikat digital, dan PhishTank, sebuah organisasi yang dikenal dapat melacak situs web phishing. Fitur ini ditingkatkan dan dikembangkan dalam versi 9.5, ketika GeoTrust digantikan dengan Netcraft, dan perlindungan malware dari Haute Secure telah ditambahkan.

Tahun 2006, Opera dibuat dan dirilis untuk Nintendo DS dan Nintendo Wii Opera untuk Wii, yang disebut Internet Channel, dirilis tanggal 12 April 2007 dan bebas untuk diunduh sampai 30 Juni 2007. Setelah tanggal itu, pengguna harus membayar 500 Wii Points (sekitar 5 US$) untuk mengunduhnya. Pada tanggal 2 September 2009, Opera kembali gratis untuk diunduh. Pengguna yang sebelumnya membayar untuk mengunduh, ditawarkan permainan NES pilihan mereka dengan nilai yang sama. Di Nintendo DS Browser, Opera tidak gratis, tetapi dijual sebagai physical DS game cartridge. DSi memiliki saluran internet yang dapat diunduh secara gratis dari toko DSi.[26]

Sebuah mesin JavaScript baru yang disebut Carakan, dinamai sesuai aksara Jawa, ditampilkan dalam versi 10.50. Menurut Opera Software, Carakan tujuh kali lebih cepat di SunSpider daripada Opera 10.10 dengan Futhark pada Windows. Pernyataan itu juga, kurang lebih dikonfirmasi oleh pihak-pihak lain setelah rilis resmi pra-alpha pada Desember 2009. Diperkenalkan pula vector graphics library milik Opera yang bernama Vega, yang mampu menangani semua penerjemahan/rendering browser. Hal ini memungkinkan penerjemahan kode platform yang spesifik, agar kode tersebut menjadi kode yang sesuai untuk Vega, sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengatur seluruh platform. Hal itu membantu implementasi Opera untuk penggunaan properti canggih CSS3, seperti background dan borders; dan juga memungkinkan akselerasi hardware dengan optional OpenGL dan Direct3D backends.

Pada rilis pertama Opera 10.50, versi tersebut mulanya ditujukan untuk Windows saja. Lalu, Opera untuk Mac hadir dalam versi 10.50. Versi terbaru Opera, yakni 15.0, dirilis pada awal Juni 2013.

            Fitur

Sebuah tes kecepatan yang dilakukan situs teknologi ZDNet’s pada awal tahun 2008 menunjukkan. bahwa di antara Internet Explorer 7, Safari 3, Firefox 3 versi pre-release dan Opera 9.5, Opera adalah browser yang tercepat di beberapa daerah. Namun satu-satunya browser yang dengan jelas diungguli oleh Opera adalah Internet Explorer. Pada versi 10.5, Opera menampilkan mesin JavaScript baru, serta vector graphics library baru.

Opera menghadirkan built-in tabbed browsing, pemblokiran iklan, perlindungan penipuan, download manager, klien BitTorrent, bar pencarian, dan web feed aggregator. Opera juga hadir dengan klien e-mail yang disebut Opera Mail dan IRC chat client built in.

Opera memiliki fitur “Speed Dial”, yakni fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan hingga 25 link (atau lebih, dengan mengedit file speeddial.ini) yang ditampilkan dalam bentuk thumbnail di halaman apabila tab baru dibuka. Thumbnail yang terhubung dengan halaman secara otomatis dihasilkan dan berfungsi untuk pengenalan visual pada halaman speed dial atau dapat diubah dengan menggunakan Opera Image Dial Generator. Setelah diatur, fitur ini mempermudah pengguna untuk menavigasi ke halaman web yang dipilih.

Opera memiliki fitur Opera Widgets, aplikasi web kecil yang berada di dalam Opera. Selain Widgets, “User JavaScript” dapat digunakan untuk menambah kustom JavaScript untuk halaman web. Peramban Opera dapat dikembangkan fungsinya melalui plug-in, program yang relatif kecil yang menambahkan fungsi-fungsi khusus untuk peramban. Namun, Opera membatasi yang plug-in dapat lakukan dan tidak mendukung penuh pengembangan dari pihak luar. Opera melakukan hal ini sebagai jaminan kualitas, sehingga pengembang dari pihak luar tidak dapat memasukkan bug.

Aksesibilitas

Opera juga dirancang untuk pengguna yang memiliki gangguan visual atau motorik. Sebagai browser multimodal, juga menyediakan berbagai preferensi pribadi di dalam user interface.

Hal ini memungkinkan kita untuk mengontrol hampir setiap aspek dari browser hanya dengan menggunakan keyboard, dan default shortcut keyboard dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Opera adalah satu-satunya browser yang memiliki kemampuan untuk navigasi spasial, yakni berupa fitur mouse gestures. Pola gerakan-gerakan mouse memicu reaksi browser seperti “kembali” atau “refresh“.

Zooming page memungkinkan teks, gambar dan konten lainnya seperti Adobe Flash Player, platform Java dan Scalable Vector Graphics untuk membesar atau mengecil dalam ukuran (20% sampai 1.000%) untuk membantu mereka yang memiliki gangguan penglihatan. Pengguna juga dapat menentukan font dan warna untuk halaman web, dan mengubah tampilan halaman CSS. Hal ini berguna untuk membuat situs muncul dengan kontras yang tinggi atau dengan huruf yang lebih mudah dibaca.

Privasi dan Keamanan

Opera memiliki beberapa fitur keamanan. Salah satunya adalah pilihan untuk menghapus data pribadi, seperti dalam HTTP cookie, browsing history, dan cache. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menghapus data pribadi setelah browsing dari komputer di tempat umum.

Ketika mengunjungi secure website, Opera mengenkripsi data menggunakan protokol SSL 3 atau TLS. Protokol akan memberikan informasi tentang keamanan situs ke address bar. Protokol tersebut juga akan memeriksa apakah situs web yang sedang dikunjungi termasuk dalam blacklist untuk phishing dan malware, dan memperingatkan pengguna apabila web yang dikunjungi termasuk salah satu dari blacklist. Pemeriksaan ini diaktifkan secara default, namun pengguna dapat memilih untuk tidak melakukan pemeriksaan tersebut secara otomatis. Jika pemeriksaan itu dinonaktifkan, pengguna tetap dapat memeriksa keamanan situs yang dibukanya secara manual dengan membuka Page Info Dialog

Klaim :

  • Opera Software meluncurkan fitur ad-blocking (pemblokir iklan) yang terintegrasi dalam versi developer terbaru untuk browser (peramban) Opera PC. Ketika diaktifkan, fitur baru itu diklaim mampu mempercepat waktu loading sebuah website hingga 90 persen, dibandingkan dengan tidak diaktifkan.
  • Opera meluncurkan fitur hemat daya alias power saver pada browser versi desktop. Fitur tersebut diklaim mampu menghemat baterai laptop hingga 50 persen dibandingkan ketika pengguna menggunakan Google Chrome.
  • Pada 2011 Jon Stephenson von Tetzchner memutuskan untuk keluar dari Opera, dan pada 2013 ia mendirikan Vivaldi Technologies yang menjadi wadah lahirnya Vivaldi browser.

Abstrak :

Opera adalah peramban web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti peramban web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris,FreeBSD dan Linux. Opera adalah browser yang tercepat di beberapa daerah. Namun satu-satunya browser yang dengan jelas diungguli oleh Opera adalah Internet Explorer. Ketika mengunjungi secure website, Opera mengenkripsi data menggunakan protokol SSL 3 atau TLS. Protokol akan memberikan informasi tentang keamanan situs ke address bar. Protokol tersebut juga akan memeriksa apakah situs web yang sedang dikunjungi termasuk dalam blacklist untuk phishing dan malware, dan memperingatkan pengguna apabila web yang dikunjungi termasuk salah satu dari blacklist. Pemeriksaan ini diaktifkan

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Opera_%28peramban_web%29
http://tekno.kompas.com/read/2016/05/13/13460077/Di.Laptop.Opera.Klaim.Lebih.Hemat.Baterai.dari.Chrome
http://aboutnduth.blogspot.co.id/2012/11/makalah-opera-browser.html
http://izzulhaque.blogspot.co.id/2014/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html

SENI BATIK MALANG

HAKI MEREK DAN PATEN

 

Bidang Teknik Invensi :

Invensi ini berkaitan dengan adanya pengakuan UNESCO atas batik Indonesia sebagai warisan pusaka dunia kategori budaya tak benda warisan manusia memperkuat status batik yang merupakan hasil budaya rakyat Indonesia. Sebagai suatu kebudayaan bangsa, batik Indonesia dihasilkan dengan menggunakan pengetahuan masyarakat Indonesia secara turun-menurun. Pengetahuan tersebut digunakan dan dikembangkan oleh masyarakat Indonesia dari masa ke masa. Konsep yang berkaitan dengan ide atau gagasan yang dihasilkan dari kegiatan intelektual dan berbasis tradisi dikategorikan sebagai pengetahuan tradisional. Gagasan berbasis tradisi menunjuk pada sistem pengetahuan kreasi, inovasi, dan ekspresi budaya yang umumnya telah disampikan dari generasi ke generasi, yang umumnya berkaitan dengan masyarakat tertentu atau wilayahnya yang dikembangkan secara non sistematis dan terus menerus.

Latar Belakang Invensi :

Batik Malang dikerjakan dengan teknik cap dengan alasan karena faktor tingkat kerumitan dalam pembuatannya, namun seiring dengan perkembangan jaman dan didasarinya bahwa batik malang merupakan warisan seni budaya nusantara, maka pemerintah setempat kembali menggiatkan para perajin batik untuk kembali pada patron awalnya yaitu dikerjakan kembali dengan tangan seperti dalam proses pembuatan batik tulis. Perlu diketahui juga bahwa beberapa motif batik malang memiliki hak paten atas motif batik malang yang tercipta sehingga tidak sembarangan orang boleh memperbanyak. Undang-undang Hak Cipta di Indonesia yang berlaku sekarang yaitu Undang-Undang Hak Cipta No. 19 Tahun 2002 memberikan perlindungan pada ciptaan yang merupakaan hasil setiap karya pencipta dalam bentuk khas dan menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan, seni dan sastra.

Ringkasan Invensi :

Sejak diperkenalkan secara luas pada masyarakat tahun 2008 lalu, perkembangan batik Malangan masih jalan ditempat.  Walaupun sudah dilakukan sosialisasi puluhan kali termasuk mengenalkannya pada masyarakat luas, namun masih sangat sedikit yang tahu dan mengenal motif batik asli yang diproduksi di daerah itu. batik khas Malangan yang dikembangkan oleh PKK daerah itu tidak dilakukan seperti batik-batik lainnya terutama batik tulis, karena masih menggunakan model “printing” atau cap, sebab motifnya agak rumit.

Saat ini motif batiknya mulai dikembangkan oleh para seniman dan perajin kreatif Batik Malang seperti motif batik ulat bulu yang tersinspirasi dari keresahan warga Probolinggo akan hama ulat tersebut. Detail motifnya berbentuk ulat bulu yang berada diatas daun dan dihiasi telur ulat. Hasil pengembangan motif lain yaitu gambar burung dan juga gambar kupu-kupu sebagai wujud keprihatinan warga Malang akan kurangnya pemangsa ulat yang mengakibatkan endemi ulat bulu di tahun 2013.

Uraian Singkat Gambar :

– TUGU MALANG merupakan simbol kota Malang yang merupakan prasasti berdirinya kota tersebut. Juga sebagai perlambang keperkasaan dan ketegaran. Diharapkan pemakainya menjadi orang yang kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan.

– MAHKOTA merupakan simbolisisasi Mahkota Raja Gajayana yang pernah membawa Malang mencapai puncak kejayaannya. Diharapkan pemakainya bisa mencapai puncak kejayaan dalam hidupnya.

– RUMBAI SINGA  melambangkan ikon kota malang yang berjuluk SINGO EDAN, yang melambangkan semangat yang menyala-nyala dan pantang menyerah. Diharapkan pemakainya juga senantiasa memiliki sifat yang demikian.

 

 1
– BUNGA TERATAI merupakan salah stu simbol kota malang, yang melambangkan keindahan juga kesuburan. Pada cerita kuno, bunga teratai merupakan bunga tempat Dewa Wishnu, dewa pemelihata alam, bertahta. Diharapkan pemakainya senantiasa subur makmur dan terpelihara jiwa dan raganya.

ARCA merupakan perlambang kekayaan khasanah Kota Malang yakni candi Singosari yang pernah menghantarkan Malang menjadi salah satu kekuatan dunia di Nusantara pada masa silam.Diharapkan, pemakainya senantiasa berjaya.

SULUR-SULUR: merupakan simbol bahwa kehidupan itu akan terus berlangsung, tumbuh dan berkembang. Ada sulur yang terhenti sebagai simbol bahwa kehidupan tidak kekal, namun, sebelum terhenti ada sambungan berikutnya. Yang menunjukkan bahwa manusia itu akan musnah, namun akan selalu berganti generasi yang baru Diharapkan pemakainya senantiasa bisa introspeksi diri bahwa manusia itu makhluk yang fana.

 

 2
ISEN-ISEN BELAH KETUPAT merupakan simbol dari relief candi Badut yang merupakan salah satu khasanah kekayaan budaya kabupaten Malang. Belah Ketupat memberi makna, pengakuan bahwa manusia tidaklah sempurna, sehingga sangat tidak pantas untuk menyombongkan diri. Diharapkan pemakainya bisa senantasa intropeksi diri.

 

 

 

 

 

 3
Motif ini memiliki filosofi yang mendalam. Terdapat simbol gambar Tugu Malang, Mahkota, Rumbai Singa, Bunga Teratai, Arca, dan Sulur-sulur serta isen isen belah ketupat.

-TUGU MALANG merupakan simbol kota Malang yang merupakan prasasti berdirinya kota tersebut. Juga sebagai perlambang keperkasaan dan ketegaran. Diharapkan pemakainya menjadi orang yang kuat dan tegar dalam menjalani kehidupan.

-ARCA merupakan perlambang kekayaan khasanah Kota Malang yakni candi Singosari yang pernah menghantarkan Malang menjadi salah satu kekuatan dunia di Nusantara pada masa silam.Diharapkan, pemakainya senantiasa berjaya.

-SULUR-SULUR: merupakan simbol bahwa kehidupan itu akan terus berlangsung, tumbuh dan berkembang. Ada sulur yang terhenti sebagai simbol bahwa kehidupan tidak kekal, namun, sebelum terhenti ada sambungan berikutnya. Yang menunjukkan bahwa manusia itu akan musnah, namun akan selalu berganti generasi yang baru Diharapkan pemakainya senantiasa bisa introspeksi diri bahwa manusia itu makhluk yang fana.

 

 4
 5

Gambar Secara Keseluruhan

 

Uraian Invensi Lengkap :

Malang Batik biasa disebut Batik Malangan jawa timur. Malang Batik memang belum sepopuler batik yang ada di daerah Jawa namun keindahaan Batik Malang tidak kalah bagusnya dengan batik yang ada di daerah lain karena memiliki corak batik tersendiri yang khas dan unik seketika. Malang sejak masa Kerajaan Kanjuruhan maupun Kerajaan Singosari telah memiliki ciri khas batiknya namun karena pada masa itu Malang sebagai pusat kekuasaan yang mengedepankan ilmu kanuragan dan kadigdayaan untuk mendukung stabilitas kekuasaan sehingga perkembangan batik justru terabaikan begitu saja. batik Malang diawali dari batik khas pedalaman Malang yang telah dipakai dalam upacara adat sejak sebelum tahun 1900-an waktu itu. mempunyai motif Sidomukti Malang dengan hiasan kotak putih di tengah yang biasa disebut Modhang Koro batik. dipakai sebagai udheng (laki-laki) dan sewek (perempuan) dalam acara resmi untuk semua lapisan masyarakat malang.

Batik Malang antara lain mempunyai motif Sawat Kembang Pring (motif bambu Jawa sakbarong) Dele Kecer (hijau-merah) Teratai Singo Kembang Kopi (gambar kopi dibelah dua berwarna hitam) Kembang Juwet (biru-hijau) Kembang Tanjung (kuning-sawo matang bentuk bunga bulat tengah pinggir bergerigi) Kembang Jeruk (coklat) Kembang Manggar (putih-kuning) Kembang Mayang (merah-kuning) dan Kembang Padma (teratai) dan lain sebagainya unik pokonya. batik Malang masih belum begitu familiar bagi masyarakat Indonesia raya. penggalian motif batik Malang masih terus diusahakan oleh pemerintah Malang bersama organisasi-organisasi terkait. dilakukan agar jangan sampai batik Malang menjadi punah dan tetap bertahan menjadi warisan budaya Indonesia raya tercinta.

Batik yang menjadi ciri khas Malangan tersebut dapat diperoleh dari candi-candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Kanjuruhan dari abad ketujuh tempo dulu. motif yang menjadi ciri khas Malangan tersebut adalah motif bunga teratai bunga. Malangan batik memiliki tiga ciri pokok dan menjadi bagian dari tiga komponen pokok batik yakni pertama pada tanahan atau dasar yang diambil dari motif batik di Candi Badut yang merupakan peninggalan Kerajaan Kanjuruhan tahun 760 Masehi lamanya. kedua berupa motif pokok (hias isian) diisi dengan gambar tugu Malang yang diapit oleh rambut singa pada sisi kiri dan kanannya sebagai lambang Kota Malang serta komponen ketiga adalah motif hias untuk tumpal (pinggiran plus isen-isen) yang diisi tiga sulur yang membentuk sebuah rantai motif. hias Motif berupa sulur-sulur bunga yang dimaksudkan untuk menggambarkan Malang sebagai kota bunga malang.

Bahan-bahan untuk membuat batik tulis:
Kain
• Malam
• Pewarna
• Cara Membuat Batik

Berikut ini adalah alat dan bahan yang harus disiapkan untuk membuat batik tulis :
o Kain mori (bisa terbuat dari sutra atau katun)
o Canting sebagai alat pembentuk motif,
o Gawangan (tempat untuk m enyampirkan kain)
o Lilin (malam) yang dicairkan
o Panci dan kompor kecil untuk memanaskan
o Larutan pewarna

Adapun tahapan-tahapan dalam proses pembutan batik tulis ini:

  1. Langkah pertama adalah membuat desain batik yang biasa disebut molani. Dalam penentuan motif, biasanya tiap orang memiliki selera berbeda-beda. Ada yang lebih suka untuk membuat motif sendiri, namun yang lain lebih memilih untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada. Motif yang kerap dipakai di Indonesia sendiri adalah batik yang terbagi menjadi 2 : batik klasik, yang banyak bermain dengan simbol-simbol, dan batik pesisiran dengan ciri khas natural seperti gambar bunga dan kupu-kupu. Membuat design atau motif ini dapat menggunakan pensil.
  2. Setelah selesai melakukan molani, langkah kedua adalah melukis dengan (lilin) malam menggunakan canting (dikandangi/dicantangi) dengan mengikuti pola tersebut.
  3. Tahap selanjutnya, menutupi dengan lilin malam bagian-bagian yang akan tetap berwarna putih (tidak berwarna). Canting untuk bagian halus, atau kuas untuk bagian berukuran besar. Tujuannya adalah supaya saat pencelupan bahan kedalam larutan pewarna, bagian yang diberi lapisan lilin tidak terkena.
  4. Tahap berikutnya, proses pewarnaan pertama pada bagian yang tidak tertutup oleh lilin dengan mencelupkan kain tersebut pada warna tertentu .
  5. Setelah dicelupkan, kain tersebut di jemur dan dikeringkan.
  6. Setelah kering, kembali melakukan proses pembatikan yaitu melukis dengan lilin malam menggunakan canting untuk menutup bagian yang akan tetap dipertahankan pada pewarnaan yang pertama.
  7. Kemudian, dilanjutkan dengan proses pencelupan warna yang kedua.
  8. Proses berikutnya, menghilangkan lilin malam dari kain tersebut dengan cara meletakkan kain tersebut dengan air panas diatas tungku.
  9. Setelah kain bersih dari lilin dan kering, dapat dilakukan kembali proses pembatikan dengan penutupan lilin (menggunakan alat canting)untuk menahan warna pertama dan kedua.
    10. Proses membuka dan menutup lilin malam dapat dilakukan berulangkali sesuai dengan banyaknya warna dan kompleksitas motif yang diinginkan.
  10. Proses selanjutnya adalah nglorot, dimana kain yang telah berubah warna direbus air panas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan lapisan lilin, sehingga motif yang telah digambar sebelumnya terlihat jelas. Anda tidak perlu kuatir, pencelupan ini tidak akan membuat motif yang telah Anda gambar terkena warna, karena bagian atas kain tersebut masih diselimuti lapisan tipis (lilin tidak sepenuhnya luntur). Setelah selesai, maka batik tersebut telah siap untuk digunakan.
  11. Proses terakhir adalah mencuci kain batik tersebut dan kemudian mengeringkannya dengan menjemurnya sebelum dapat digunakan dan dipakai.

Batik Malangan dengan motif pokok bergambar tugu dan singa itu saat ini telah diajukan hak patennya oleh Pemerintah Kota Malang. Motif tersebut diperoleh dari re-desain hasil karya lima besar pemenang sayembara batik khas Malang yang dipamerkan dalam acara Malang tempo Doeloe tahun 2007. Motif batik Malangan yang sedang diajukan hak patennya tersebut merupakan kombinasi dari hasil lima karya terbaik dalam lomba batik khas Malang yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu. Meskipun saat ini telah ada pengajuan hak paten, masyarakat Kota Malang tidak boleh berhenti sampai disini untuk mengembangkan batik Malangan, motif batik Malangan masih harus terus dikembangkan mulai dari motif sukun, teratai, sampai dengan tugu

Klaim :

  • Motif batik yang berasal dari Desa Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang ini telah resmi mengantongi hak paten. Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas motif batik kopi sumawe
  • Enam perajin usaha mikro kecil dan menengah mendapat sertifikat HAKI. karya yang diciptakannya menjadi hak para perajin yang tak bisa ditiru. Sehingga para perajin terlindungi dari pembajakan atau usaha meniru motif maupun karya yang telah dibuatnya.

Abstrak :

Beberapa motif batik malang memiliki hak paten atas motif batik malang yang tercipta sehingga tidak sembarangan orang boleh memperbanyak. Saat ini motif batiknya mulai dikembangkan oleh para seniman dan perajin kreatif Batik Malang seperti motif batik ulat bulu yang tersinspirasi dari keresahan warga Probolinggo akan hama ulat tersebut. Batik yang menjadi ciri khas Malangan tersebut dapat diperoleh dari candi-candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Kanjuruhan dari abad ketujuh tempo dulu. Salah satu motif yang unik dan khas dari Batik Malang yaitu motif Malang Kucecwara malang. memiliki filosofi yang mendalam yaitu terdapat simbol gambar Tugu Malang Mahkota Rumbai Singa Bunga Teratai Arca dan Sulur-sulur serta isen isen belah ketupat bentuknya.

Sumber :

https://batikshuniyya.wordpress.com/batik-kota-malang/
http://malangraya.web.id/2009/10/04/mengenal-batik-khas-malangan/
https://petiusang.wordpress.com/category/seni-dan-budaya/motif-batik-malangan/
http://batik-tulis.com/blog/batik-malang
http://www.indokabana.com/2014/05/motif-batik-asal-malang.htm

Advertisements