Tahu kah kamu jika bangsa Indonesia para akademisi dan politikus juga memiliki rencana proyek besar Indonesia yang akan membuat anda bangga sekali lagi menjadi bangsa Indonesia, ditengah hingar bingar politis yang getol disiarkan media, proyek-proyek ini luput dari pantauan media, sehingga tidak begitu terdengar gaungnya. Kita beruntung karena telah mengetahui informasi ini. setidaknya walau usia kita telah uzur sekarang kita telah mendapat informasi membanggakan ini, tersenyum bahagia jika telah membacanya, dan berpesan kepada anak cucu kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia.
Indonesia merupakan anggota G-20 yang merupakan kelompok 19 negara dengan perekonomian besar di dunia ditambah dengan Uni Eropa. Indonesia juga merupakan salah satu negara besar di dunia dengan jumlah penduduk yang besar dan kekayaan alam melimpah. Walau didera krisis ekonomi, Indonesia mulai bangkit. Kini pembangunan di Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.
Indonesia bahkan memiliki mega proyek kelas dunia. Beberapa mega proyek yang sudah jadi adalah jembatan Suramadu dan Indoor Theme Park terbesar di dunia, Trans studio. Beberapa proyek akan menyusul. Ada yang masih dalam perencanaan dan ada juga yang sudah dalam tahap penyelesaian.
Berikut adalah beberapa mega proyek tersebut :

Jalan Tol Trans-Sumatera

7 Mega Konstruksi Pembangunan dan Ikon Indonesia di Panggung Dunia

Mega proyek ini akan menghubungkan ke-10 provinsi di Sumatera, dimulai dari Pelabuhan Bakaheuni di Lampung hingga ibukota provinsi Nangroe Aceh Banda Aceh, dengan jalan tol sepanjang 2,048 kilometer.

Sumatera yang merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia, hanya memiliki penduduk sekitar 53 juta, kurang dari setengah penduduk di Jawa – yang berarti mereka masih memiliki banyak ruang untuk meningkatkan sektor real estate.

Mega proyek ini adalah proyek jangka panjang, di mana hasil akhirnya akan bisa dirasakan hingga tahun 2100, dan salah satu prioritas utama bagi pemerintahan Jokowi. Tahap pertama dari Lampung ke Palembang diharapkan selesai dalam tiga tahun ke depan.

 

Reklamasi Center Point of Indonesia

7 Mega Konstruksi Pembangunan dan Ikon Indonesia di Panggung Dunia

Makassar akan memiliki kawasan super megah sebagai pusat bisnis, wisata dan pendidikan yang dinamakan Center Point Of Indonesia. Center Point Of Indonesia dibangun di kawasan dengan luas total 600 hektar itu akan terdapat bangunan bangunan menjulang tinggi, pusat bisnis dan pemerintahan, kawasan hiburan, hotel hotel kelas dunia yang dilengkapi dengan lapangan golf dengan view ke laut lepas dan pemandangan menakjubkan ke pulau pulau di Teluk Makassar.

Center Point of Indonesia juga akan dilengkapi dengan sebuah menara yang menyerupai Oriental Pearl Tower di Shanghai. Menara setinggi 300 meter itu akan difasilitasi dengan dek anjungan berputar. Menara itu akan dibangun tepat di tengah tengah proyek CPI. Selain itu, Center Point of Indonesia akan memanjakan pengunjung karena sudah terintegrasi dengan Trans Studio Indoor Theme Park, karena akan dilewati oleh jalur Monorail.

Nantinya beberapa pantai dan pulau-pulau buatan di CPI juga akan dihubungkan dengan kereta gantung (Gondola) terpanjang di Asia. Jika proyek ini selesai, maka Makassar akan melesat menjadi kota metropolitan modern dan terbesar kedua di Indonesia, melampaui Surabaya. Obsesi itu jugalah yang membuat Makassar bertekat untuk menjadi kota dunia di tahun 2030.

 

The Signature Tower

7 Mega Konstruksi Pembangunan dan Ikon Indonesia di Panggung Dunia
Signature Tower Jakarta merupakan properti multifungsi yang dikembangkan PT Grahamas Adisentosa (Artha Graha Group). Ketinggiannya menjulang 638 meter dan mencakup 111 lantai. Di dalam bangunan ini, akan terdapat apartemen, perkantoran, hotel, dan juga pusat belanja.
Jika Signature Tower Jakarta terbangun, akan menempati posisi tertinggi ke-77 di dunia. Klasemen ini mengacu pada data terkini Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), yang mencakup proyek masa depan, dalam perencanaan, tahap konstruksi, dan sudah terbangun alias beroperasi.

 

Reklamasi Costarina

7 Mega Konstruksi Pembangunan dan Ikon Indonesia di Panggung Dunia

Coastarina merupakan pulau-pulau buatan yang menyerupai peta dunia terbesar di dunia mengalahkan pulau buatan yang ada di Dubai. Coastarina merupakan pulau buatan milik triliuner Chairul Tanjung.
Di Coastarina, akan dibangun total 1.000 rumah di kawasan total 150 hektar (25 hektar termasuk taman dan fasilitas umum).
Di sana, juga ada Okarina Taman Rekreasi dengan food court, kafe dan restoran, Taman Air, dinding raksasa, dan permainan air. Coastarina mega proyek ini akan selesai dalam 6 tahun dan total investasi diperkirakan menjadi 60 – 80 juta USD atau sekitar Rp. 570 M / Rp 760 M
MURI (Museum Rekor Indonesia) memberikan penghargaaan kepada Coastarina untuk papan tulisan terbesar di Indonesia, perumahan yang terletak di bibir pantai Batam itu akan mencatatkan dua rekor lagi untuk pembangunan bola dunia paling besar dan peta dunia terbesar di dunia.

 

Reklamasi Proyek Garuda

7 Mega Konstruksi Pembangunan dan Ikon Indonesia di Panggung Dunia

Proyek garuda merupakan bagian dari National Capital Integrated Coastal Development. Proyek reklamasi ini telah diresmikan oleh konglomerat dan Plt. Menko Ekonomi di Era Presiden SBY, Bapak Chairul Tanjung. Proyek Garuda dilanjutkan oleh Presiden Jokowo pembangunannya dan terintegrasi dengan 17 pulau reklamasi yang saat ini tengah berjalan. Presiden Jokowi mengungkapkan, bahwa Proyek Garuda merupakan upaya mencegah Jakarta agar tidak tenggelam 14 kedepan akibat makin tingginta permukaan air laut.

Proyek Garuda, kelak menjadi ikon kebanggan Indonesia di mata dunia. Sama seperti Dubai yang memiliki pulau hasil reklamasi, Palm Island yang jadi magnet wisata dunia. Progress dan segala macam informasi tentang proyek ini silahkan agan cek di official website www.ncicd.com

 

Pertamina Energy Tower

7 Mega Konstruksi Pembangunan dan Ikon Indonesia di Panggung Dunia

Sebagai BUMN kelas dunia yang bertengger dalam list FORTUNE 500, adalah wajar jika Pertamina berambisi menuukkan eksistensinya dengan membangun gedung jangkung. Ya, Pertamina Energy Tower adalah proyek yang bakal banyak menyita perhatian. Gedung ini direncanakan dibangun setinggi 530 meter di kawasan Rasuna, Kuningan, Jakarta.

Tak main-main, Pertamina menggandeng SOM Skidmore, Owing & Merrill (SOM) LLP yang sudah memiliki terkenal di jagat dunia pencakar langit. SOM adalah salah satu konsultan yang membangun menara tertinggi dunia, Burj al Khalifa.

 

Terusan Sulawesi


Pada Musyawarah Sulawesi IV Enam gubernur se-Sulawesi menggagas pembangunan “Terusan Khatulistiwa” yang memotong leher Pulau Sulawesi. Kelak Pulau Sulawesi bakal terbagi dua, karena dipisahkan oleh laut di terusan yang akan diberi nama Terusan Khatulistiwa. Jika rencana tersebut benar-benar direalisasikan, maka terusan ini akan menjadi terusan ketiga di dunia, sebab saat ini baru ada dua terusan, yakni Terusan Suez di Mesir dan Terusan Panama di Amerika Tengah. Terusan Khatulistiwa ini bisa menjadi jalur laut internasional yang ramai dan akan memperpendek jarak transportasi laut dari wilayah timur Pulau Sulawesi menuju wilayah barat Indonesia, serta ke Filipina dan Malaysia.

Sundial Pontianak(Jam Matahari)

Indonesia akan memiliki sundial atau jam matahari tertinggi di dunia jika sundial Pontianak jadi dibangun. Dari semua kota yang dilewati garis Khatulistiwa, hanya ada satu kota di dunia ini yang dibelah atau dilintasi secara persis oleh garis Khatulistiwa, yaitu Kota Pontianak. Pembangunan sundial di lokasi sekitar Tugu Khatulistiwa Pontianak diperkirakan menghabiskan biaya sebesar Rp76,6 miliar dengan lahan seluas 44,1 meter.
Rencananya tugu tersebut akan dibangun dengan tinggi 71 meter, sehingga akan menjadikan Tugu Khatulistiwa sebagai sundial tertinggi di dunia. Pada lahan di sekitar sundial tugu akan dibangun sundial berukuran kecil sebanyak 17 buah. Angka 17 dan 71 diambil dari angka kelahiran Kota Pontianak. Untuk memperkuat ikon Pontianak sebagai Kota Khatulistiwa juga akan dibangun Twin Solar Telescope, Museum Galeri, Science Centre, kawasan komersial, Amphiteater, dan Convention di kawasan tugu tersebut.

Sumber :
http://beritakai.blogspot.co.id/2015/12/8-proyek-besar-bangsa-indonesia-yang.html
http://www.kaskus.co.id/thread/5747ed9a5a5163407c8b456f/7-mega-konstruksi-pembangunan-dan-ikon-indonesia-di-panggung-dunia/?ref=homelanding&med=hot_thread

Advertisements